blog

Sabtu, 12 Juni 2021 Pertandingan EURO 2020 Grup A Antara Wales VS Swiss

Timnas Wales bakal berhadapan dengan Timnas Swiss di matchday 1 Grup A Euro 2020, Sabtu (12/6/2021). Berikut sejumlah data dan kenyataan yang melatarbelakangi pertandingan di Olympic Stadium, Baku ini.

Di Euro 2016, dua kesebelasan ini sama-sama lolos ke fase knockout. Wales, yang melakoni debutnya di Piala Eropa, melaju sampai semifinal, di mana mereka diungguli Portugal. Sementara itu, Swiss melulu sampai di babak 16 besar.

Wales melulu menang 2 kali dalam 7 pertemuan dengan Swiss sekitar ini (M2 0 K5). Terakhir, Wales menang 2-0 menjamu Swiss lewat penalti Aaron Ramsey dan gol Gareth Bale di Kualifikasi Euro 2012.

Swiss memenangi 5 dari 7 pertemuan dengan Wales (M5 S0 K2), mencetak total 16 gol dan cuma kecurian total 6 gol.

Statistik-statistik Lain

Wales tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro 2020 (M4 S1 K0). Itu menciptakan Wales finis sebagai runner-up Grup E di bawah Kroasia.

Ini ialah Euro ke-5 untuk Swiss. Rekor mereka di putaran final Piala Eropa sejauh ini ialah M2 S5 K6.

Swiss lolos dari Kualifikasi Euro 2020 sebagai juara Grup D dengan 17 poin dari 8 pertandingan (M5 S2 K1). Cedric Itten ialah top skor Swiss di kualifikasi dengan torehan 3 golnya.

Swiss hanya kalah 1 kali dalam 14 laga terakhirnya di Euro, tergolong kualifikasi (M8 S5 K1).

Dari segi persiapan, Gareth Bale dan kawan-kawan tidak cukup meyakinkan. Dalam dua uji jajaki sebelum Euro, mereka tidak jarang kali gagal mencetak gol dan tidak berhasil menang. Setelah ditekuk Prancis 0-3, kesebelasan besutan caretaker Rob Page tersebut bermain imbang 0-0 dengan Albania.

Ini kontras dengan lawannya. Swiss tercatat tidak jarang kali menang dalam enam laga terakhir mereka. Sebelum Euro, anak-anak asuh Vladimir Petkovic menghabisi Liechtenstein 7-0, di mana Mario Gavranovic menyarangkan tiga dari empat gol timnya.

Di atas kertas, Wales mempunyai pemain-pemain berkualitas, namun Swiss pun demikian. Namun, andai melihat performa, Swiss sepertinya layak untuk lebih difavoritkan.

Perkiraan Susunan Pemain

Wales (3-4-3): Ward; Davies, Rodon, Mepham; Norrington-Davies, Morrell, Ramsey, Roberts; James, Wilson, Bale.

Pelatih: Rob Page (caretaker).

Swiss (3-4-1-2): Sommer; Schar, Akanji, Elvedi; Rodriguez, Freuler, Xhaka, Mbabu; Shaqiri; Seferovic, Gavranovic.

Pelatih: Vladimir Petkovic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *